Sejarah Susu Kental Manis yang Gak Ada Susunya

Susu kental manis dulunya adalah salah satu minuman idola rakyat Indonesia. Setiap keluarga di pagi hari pasti menyajikan minuman berwarna putih yang rasanya manis ini di meja makan. Bukan hanya itu, di setiap warung makan atau minum pasti ada kaleng susu kental manis itu untuk menambah rasa minuman semisal es campur, es teler, dan es lainnya.

Namun dengan pernyataan BPOM baru-baru ini menyatakan bahwa susu kental manis tidak baik, sontak seluruh rakyat Indonesia terkejut. Kami yang sudah minum susu ini berpuluh-puluh tahun dan tiba-tiba dinyatakan susu kental manis ini bukan susu dan tidak baik merasa kaget dan bingung.

Menurut penjelasan BPOM, mereka tidak melarang produk susu kental manis ini beredar. Namun produsen harus mematuhi 4 butir peraturan, yaitu peraturannya sebagai berikut.

  1. Iklan produk ini dilarang tayang di jam aktif anak-anak
  2. Tidak menyasar anak-anak di bawah 5 tahun.
  3. Dilarang menyebut produk ini sebagai pelengkap gizi serta menggunakan visualisasi gambar susu cair atau susu dalam gelas. Dari poin ini bisa dianggap susu yang kita minum berpuluh tahun itu bukan susu. Atau Susu kental manis tidak mengandung susu.
  4. Produk ini dilarang menampilkan anak berusia 5 tahun dalam bentuk apapun.

Untuk poin-poin mengenai produk ini sangat dibatasi untuk anak berusia 5 tahun, menandakan bahaya susu kental manis bagi perkembangan anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Karena dipastikan kandungan dalam produk tersebut bukan sebagian besar susu sapi, tapi sebagian besar gula. Sehingga dipastikan bisa menyebabkan obesitas bagi anak-anak yang lebih butuh gizi berimbang.

Dilihat dari sejarah susu kental manis, produk ini dulunya tercipta ketika para produsen susu bingung bagaimana cara mengawetkan susu dengan menambahkan gula dan mengurangi air, sehingga susu menjadi lebih pekat. Dan kita kenal sebagai susu kental manis. Karena banyak ditambahkan gula itulah, menjadikan susu kental manis bukan susu sapi.

Untuk itu diharapkan peran orang tua dalam memberikan asupan gizi bagi anak-anaknya secara bijak dan imbang. Agar pertumbuhan anak-anak masa depan bangsa ini menjadi sehat dan cerdas.

Sekian dulu tulisan tentang susu kental manis ini, kalau kalian rasa bermanfaat, pastikan bagikan di sosial media ya! Dadah…

 

 

 

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.