Konvoi mobil kerap dilakukan untuk aktivitas tertentu seperti touring atau mengawal rombongan khusus. Berangkat bersama mobil-mobil lain untuk satu tujuan memang sangat menyenangkan. Namun kita harus tetap berkendara secara disiplin agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan raya lainnya.

Urusan asuransi all risk untuk mobil kesayangan pasti sudah kita percayakan pada Futuready. Karena Futuready adalah supermarket asuransi lengkap dengan produk asuransi berkualitas dan terpercaya. Tinggal klik website-nya berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar asuransi mobil:

https://www.futuready.com/asuransi/produk/mobil/

Sementara untuk urusan konvoi mobil yang aman dan lancar, kita harus menyimak dan melakukan tips-tips penting ini:

Mengendarai Mobil pada Posisi yang Sama

Para peserta konvoi harus mengendarai mobil dalam posisi yang sama sesuai kesepakatan. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko tertinggalnya anggota konvoi. Semua peserta konvoi bisa saling mengontrol satu sama lain kalau posisi mobilnya tidak berubah sejak awal hingga tiba di tempat tujuan.

Gunakan Kode Lampu Khusus

Rombongan yang mengikuti konvoi mobil harus melakukan briefing singkat mengenai kode lampu yang digunakan. Agar tak ada kekeliruan saat menerjemahkan kode lampu tersebut. Misalnya, menyalakan lampu kecil pada siang hari dan lampu besar pada malam hari. Sehingga setiap anggota konvoi bisa saling mengidentifikasi keberadaan anggota lain setelah agak berpencar di jalan raya.

Tetap Menjaga Jarak Aman

Jangan sampai kita larut dengan suasana konvoi yang ramai sampai akhirnya lalai menjaga jarak aman. Pastikan kalau jarak aman kita dengan kendaraan lain maupun dengan peserta konvoi lain tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai konvoi mobil yang padat malah memperbesar risiko kecelakaan lalu lintas.

Saling Berbagi Beban Mobil

Setiap anggota rombongan konvoi harus mengangkut beban yang sama besar di mobil. Supaya tak ada mobil yang tertinggal atau malah mogok akibat membawa beban berlebihan. Lakukan pengecekan beban secara teliti sebelum berangkat. Demikian pula halnya dengan peralatan penting seperti ban serep, kunci dan obeng, dan kebutuhan lainnya untuk mobil.

 

Jika kita sudah sering mengikuti acara konvoi mobil, kita pasti semakin terlatih menjaga keamanan dan keselamatan selama mengemudi. Jangan lupa membantu anggota konvoi yang lain demi kesuksesan konvoi mobil yang akan dijalankan.