Berita Terbaru Hari Ini Okezone Tentang Kerusakan Di Raja Ampat

Indonesia memang dikenal sebagai surganya pariwisata di dunia, tidak hanya menyajikan budaya yang beragam berikut dengan kulinerya namun juga keindahan pantai pantai serta bawah lautnya yang sealu membuat semua wisatawan berdecak kagum. Salah satu yang menjadi kebanggaan adalah keasrian dan keindahan terumbu karang yang dimiliki oleh perairan Indonesia. Jika kita semula mengenal Pangandaran sebagai surganya diving maka Raja Ampat adalah yang tidak boleh dilewatkan.

Meskipun beraada I ujung kepulauan Indonesia, namun jika anda telah sampai ke sana maka sebuah suguhan memikat akan membuat anda tersadar mengapa harus ke Raja Ampat untuk menyadari kekayaan alam Indonesia yang berlimpah ruah. Namun tentunya sebuah berita terbaru hari ini Okezone akan membuat anda semua terbelalak. Ini bukan soal jumlah wisatawan yang membludak namun soal rusaknya terumbu karang di Raja Ampat karena ulah kapal pesiar asing yang menabrak dan merusak terumbu terumbu karang yang membutuhkan waktu tahunan untuk tumbuh kembali. Kerusakan ini jelas membawa dampak yang sangat buruk bagi keindahan bawah laut Indonesia yang semula diagung agungkan.

Selain itu, kerusakan terumbu karang juga memicu kerusakan laut lainnya akibat hilangnya habitat sejumlah hewan laut yang semula bermukim di terumbu terumbu karang tersebut. Kapal Pesiar Caledonia Sky adalah kapalpesiar yang telah melakukan perusakan terhadap terumbu karang yang ada di Raja Ampat. Kapten Keith Michael Taylor  seorang warga negara kebangsaan Inggris diduga sebagai tersangka utama yang memungkinkan semua perusakan ini. Berita terbaru hari ini Okezone mengabarkan bahwa Indonesia bahkan sudah menjalani jalan hukum untuk menyelesaikan permasalahan khusus ini. Menghubungi Kedubes Inggris Moazzam Malik menyatakan bahwa pihaknya akan sangat cooperative membantu penegakan hukum Indonesia yang memang sedang dijalani olehIndonesia dalam mengusut kasus perusakan terumbu karang. Sang Dubes bahkan mengatakan bahwa mereka akan sangat membantu serta menyediakan saran dan dukungan untuk pemerintah Indonesia.

Berita terbaru hari ini Okezone  mendapatkan kabar bahwa pemilik dan operator kapal Caledonia Sky sndiri berada di Swedia sedangkan penjualan tiket untuk ikut serta dalam kapal pesiar ini berbasis di Inggris. Meskipun begitu, pihak Indonesia melalui Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim mengataka bahwa sbenarnya permasalahan ini sepenuhnya adalah urusan pemerintah Indonesia dengan pihak asuransi. Berkaitan dengan hal ini bantuan hukum dari pihak Inggris akan sangat diperlukan untuk memanggil kapten kapal Keith agar datang ke Indonesia dan bersedia memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi dan penyebab sesungguhnya mengapa hingga terjadi insiden tabrakan antara kapal yang dinahkodainya dengan terumbu karang yang ada di Raja Ampat.

Menurut UU LIngkungan Hidup, tidakan yang dilakukan oleh kapten Keith ada delik pidananya sehingga memang harus dilakukan pengsusutan tuntas dan benar benar menghadirkan sang kapten dalam persidangan. Bnayak cara yang akna dilakukan oleh pihak Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan ini, salah satunya memang akan mencoba berbagai cara untuk menemukan sang kapten dan meminta keterangan darinya.

Selain itu, banyak pihak yang merasa perlunya sebuah kajian ulang yang mengatur mengenai kebijakan wisata maritim yang ada di seluruh wilayah perairan Indonesia. Agaknya kasus ini memang seolah membuka mata bnayak orang bahwa banyak bidang yang harus dikaji ulang untuk menyelamatkan alam Indonesia dari kerusakan. Saat ini pihak asuransi tengah mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh kapal Caledonia Sky yang membawa banyak wisatawan asing berlibur ke sekitar Raja Ampat. Mengenai hal ini, bakan Indonesia telah menjalin kerjasama dengan pihak Australia mengenai beberapa kebijakan bilateral terutama di bidang kemaritiman termasuk diantaranya kawasan Great Barrier Reef di Australia serta semua regulasi dan kebijakan yang berkaitan dengan kawasan maritim.

Hal ini memang menjadi berita yang cukup menghebohkan bagi warga Indonesia karena merupakan salah satu kasus perusakan alam terbesar yang trjadi akhir akhir ini. Semua warga Indonesia jelas menunggu nunggu kabar hasil keputusan apakah sang kapten akan menerima ganjaran ataukah akan menghilang begitu saja, berita terbaru hari ini Okezone akan terus memantau dan mengabarkannya kepada anda.        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *