5 Solusi Beli Rumah di Makassar dengan DP 1% lewat BPJS TK

Tingginya nilai jual rumah Makassar memunculkan banyak keluhan dalam tubuh masyarakat. Untuk menyikapi keluhan itu, pemerintah kemudian menerbitkan solusi khusus bagi yang terdaftar dalam BPJS TK agar bisa beli rumah dengan DP 1%. Tentu solusi ini bisa diperoleh setelah Anda 5 syarat wajibnya. Apa saja syarat wajibnya?

  1. Terdaftar dan Aktif dalam BPJS TK Minimal 1 Tahun

Beruntung para pengembang di kawasan Makassar mendukung program yang dicanangkan oleh BPJS TK dan BTN. Solusi ini muncul setelah mengetahui kalau masyarakat yang ingin beli rumah tidaklah sedikit. Terutama di kalangan anak muda yang telah melewati jenjang pernikahan.

Pentingnya BPJS TK sampai-sampai perusahaan di Indonesia wajib mendaftarkan BPJS TK untuk karyawannya. Bagi karyawan yang tidak memiliki BPJS TK, maka tidak ada perlindungan khusus dari pemerintah. Khususnya jaminan sosial yang akan diberikan secara cuma-cuma.

Namun ironisnya, masih banyak perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya ke program BPJS TK. Pemerintah pun mengambil sikap yang tegas. Bagi perusahaan yang mangkir dari kewajiban akan dikenakan sanksi. Langkah pendaftaran yang dilakukan perusahaan membuktikan bahwa pelaku usaha tersebut loyal pada karyawannya.

Di sisi lain, bila Anda terdaftar BPJS TK, maka kesempatan beli rumah dengan DP sebesar 1%. Dengan biaya yang minim, rumah yang diluncurkan oleh pengembang pun sudah bisa Anda nikmati. Tinggal urusan pelunasan, maka resmilah rumah Anda. Anda dan keluarga tidak perlu mengontrak demi mengiringi pekerjaan sehari-hari.

 

  1. Perusahaan Tempat Bekerja Taat Administrasi dan Iuran

Perusahaan yang serius membangun karir profesional pasti tidak lupa administrasi dan iuran wajib. Mengenai berapa dan apa saja kewajiban yang mesti dibayar pelaku usaha, Anda tidak perlu tahu. Soalnya itu tugas perusahaan tempat Anda bekerja. Cara mengeceknya apakah perusahaan tempat Anda bekerja itu baik atau tidak sangat mudah.

Tinggal pastikan saja, apakah sistem kerja yang diterapkan tidak bertele-tele dan efisien atau tidak. Pastikan pula bahwa perusahaan tempat Anda bekerja tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian. Alias harus terverifikasi secara penuh dan diakui oleh pemerintah. Selain itu, ada pula yang tidak kalah penting.

Perusahaan Anda tidak termasuk yang membayar upah pekerjanya setengah-setengah. Siapa sih yang percaya kalau perusahaan melakukan hal itu? Sementara kebutuhan para pekerjanya semakin tinggi. Dengan syarat ini, tataplah optimis bahwa Anda bisa mendapatkan rumah dari pengembang yang jual rumah Makassar dengan DP 1%.

 

  1. Belum Punya Rumah Sendiri

Banyak sekali para pekerja di perusahaan yang tidurnya di kontrakan. Meski sehari-hari berdandan rapi, setiap bulan mereka akan membayar biaya kontrakan ke ibu-ibu kontrakan. Beban biaya per bulan variatif. Tergantung dari seberapa lengkap perabotan dan seberapa bagus desain rumahnya. Dipengaruhi pula oleh lokasi kontrakan.

Akan sangat membahagiakan kalau para pekerja terbebas dari beban biaya seperti itu. Daripada uang dibayarkan untuk biaya kontrakan, bukankah lebih enak kalau angsuran dibayarkan demi kepemilikan sah rumah Anda sendiri? Banyak yang merasa beli rumah itu mahal. Tapi kalau Anda sudah punya rumah sendiri, kekhawatiran itu pasti hilang.

Jadi, untuk mendapatkan pembelian rumah dengan DP 1%, Anda wajib belum punya rumah sendiri. Kalau sudah punya, tidak perlu beli lagi, kan? Kecuali untuk keperluan bisnis seperti penginapan atau kontrakan. Tapi itu sudah di luar kebijakan pemerintah dan DP tidak lagi 1%.

 

  1. Hanya Boleh Renovasi Rumah Atas Nama Pekerja

Ini sudah menjadi ketentuan wajib. Jadi, Anda tidak boleh mengalihkan atas nama pada orang lain. Ketentuan ini agar Anda tetap terhubung dengan pemerintah. Sewaktu-waktu ada kabar baru yang menyenangkan, Anda yang pertama-tama dikabari. Sebaliknya, jika urusan renovasi saja diserahkan ke orang lain, pemerintah pun jadi bertanya-tanya.

 

  1. Peserta Lolos Verifikasi Kredit dari Bank Terkait

Bank terkait di sini maksudnya bank yang bekerja sama dengan Anda. Jadi, proses kredit rumah dengan DP 1% hanya berlaku jika Anda bekerja sama dengan BTN. Soalnya program beli rumah dengan DP 1% ini berdasarkan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan, pengembang rumah, dan juga BTN.

Tidak boleh bank lain? Sudah ketentuannya begitu. Lagi pula BTN sudah lama sekali memfasilitasi kredit rumah yang murah dan ringan. Sekitar pra 90-an. Lama sekali, kan? Bagi Anda yang kenal dengan BTN, silakan kenalan dulu. Kemudian melangkah dan mengajukan kerja sama terkait kredit rumah dengan DP 1%.

 

Program ini turut berkontribusi besar atas pencapaian tersebarnya 1 juta rumah untuk masyarakat luas. Bagi para pengembang, berkat program ini, mereka tidak kerepotan lagi saat jual rumah Makassar ke khalayak. Satu ungkapan yang pas untuk menggambarkan keadaan ini, “Pengembang senang, warga pun puas.”

Leave a Reply